Rabu, 13 Maret 2013

Tatarucingan


Posted by zaky on Jan 14, '09 3:55 AM for everyone di multiply
Saya tidak tahu makna kata tatarucingan atau tebak-tebakan dalam bahasa Sunda tapi buat apa juga ambil pusing toh tidak ada seorang pun tahu kenapa buah manis berwarna jingga dan berbiji hitam disebut pepaya juga tidak seorang pun peduli kenapa butiran air yang jatuh dari langit disebut hujan dan setiap kali mendengar kata hujan saya selalu teringat pada imajinasi saya sewaktu saya masih kecil bahwa hujan terjadi karena Tuhan menyiramkan air dari kamar mandinya yang dalam bayangan saya seperti kamar mandi di rumah saya dan air itu berasal dari sebuah bak tempat penampungan air sumur yang dulu rasanya segar dan ngomong-ngomong masalah segar tatarucingan bisa membuat pikiran yang suntuk menjadi segar kembali tapi orang selalu merasa heran jika temannya mengajukan pertanyaan tatarucingan atau tebak-tebakan apalagi jika tatarucingan itu diawali dengan pertanyaan "apakah kamu lagi sibuk?" tampaknya pertanyaan itu sudah baku diterima sebagai pembuka untuk sebuah pertanyaan yang serius entah berkaitan dengan pekerjaan atau cinta atau kehidupan atau uang atau apa pun yang tidak berkaitan dengan tatarucingan dan itulah kenapa setiap orang yang diberi soal tatarucingan di kala mereka menjalani kesibukan pasti akan mengerutkan dahi atau mungkin tertawa kaget karena pertanyaan yang diajukan tidak seperti harapan mereka dan biasanya mereka akan membalas dengan pertanyaan "kamu kenapa?' dan pertanyaan itu menyiratkan kepedulian sekaligus juga peringatan dini dari mereka bahwa telah terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan kepada diri kita apa pun itu apakah kecewa atau hanya sekedar bosan dan tatarucingan memang ampuh menghilangkan rasa bosan karena itu saya tidak paham kenapa ada orang yang tidak suka tatarucingan mungkin karena mereka tidak suka waktunya diganggu atau memang tidak suka berpikir liar untuk sekedar menjawab pertanyaan "penyanyi mana yang rajin mencuci?" atau "kenapa anak babi selalu menundukkan kepalanya?" atau "kenapa Batman tidak menggunakan huruf B di bajunya?" atau "apa yang membedakan handphone dengan monyet?" atau "siapa nama kecil Jenderal Sudirman?" atau "Di mana rem bajaj?" atau "kenapa kuda selalu meneteskan ludah jika sedang kecapean?" dan ngomong-ngomong tentang kecapean tatarucingan bisa membuat orang kecapean jadi segar kembali seperti air sumur di dalam kamar mandi di rumah saya sewaktu saya kecil dulu saat saya selalu membayangkan Tuhan menyiramkan air dari bak mandi yang airnya diambil dari sumur di ketinggian langit saat musim hujan dan bayangan itu sering diganggu dengan bayangan anak kecil tetangga saya yang mengatakan kalau hujan terjadi karena Tuhan sedang kencing dan pernyataan itu membuat saya berpikir ulang apakah air hujan benar-benar bersih untuk digunakan sebagai permainan hujan-hujanan tapi siapa juga yang mau ambil peduli apakah air hujan itu berasal dari sumur di langit atau air kencing Tuhan karena toh air itu berwarna bening dan tidak kuning dan ngomong-ngomong tentang kuning ada tatarucingan tentang kuning pertanyaannya seperti ini "Benda apa yang luarnya kuning tapi dalamnya hitam?" tatarucingan itu saya peroleh dari majalah Bobo sewaktu saya masih anak SD ketika saya belum tahu tentang apa itu rasisme dan diskriminasi tapi yang saya tahu bahwa kami menyebut orang kulit hitam sebagai negro dan itulah jawaban untuk pertanyaan itu "orang negro naik taksi presiden" dan Bobo adalah jawaban untuk pertanyaan tentang Batman karena kalau Batman menggunakan huruf B di bajunya dia bisa tertukar dengan Bobo dan saking menyenangkannya tatarucingan seharian kemarin saya kirim puluhan sms ke teman-teman yang isinya pertanyaan tatarucingan dan saya mendapat berbagai tanggapan dari yang langsung menjawab sampai yang merasa kaget karena tidak menyangka saya akan mengajukan pertanyaan tidak penting seperti itu tapi itu bukan salah saya karena merekalah yang menganggap saya orang yang terlalu serius padahal saya bukan orang yang serius dan karena itu saya senang bermain tatarucingan karena tidak ada jawaban yang pasti atas pertanyaan tatarucingan dan siapa pun bisa membuat pertanyaannya entah tentang binatang atau tentang jhonny hidayat dan ngomong-ngomong tentang jhonny hidayat kemarin saya mengajukan pertanyaan "kenapa Jhonny Hidayat rambutnya lurus?" kepada Adi lalu Adi menjawab "Huahaha gobloggg huahahahaha asa penting anjrit" jawaban itu membuat saya bingung lalu saya tanya lagi "jadi naon jawabana?" lalu Adi menjawab "ambeh murah dan dikeriting mah mahal" lalu saya jawab "salah nu bener mah lamun keriting engke disangka Jhonny Iskandar" lalu Adi membalas "Zak maneh stres? Urang pijet yu" tapi saya tidak sedang stres saya hanya sedang ingin tatarucingan itu pun karena saya mendapat ide dari Papap Erwan yang suatu hari mengirim sms ke Kimung si anak punk ugal-ugalan ketika Kimung sedang akan istirahat dari pekerjaannya dan akan makan siang karena dia sangat lapar sekali dan Papap Erwan tiba-tiba sms dia menanyakan apakah Kimung sedang sibuk dan Kimung menjawab dia sedang akan makan dan Papap Erwan kembali bertanya apakah dia boleh menanyakan sesuatu lalu Kimung menjawab boleh saja dan Papap Erwan pun mengajukan pertanyaan "Kunaon kuda lamun keur cape sok ngacay?" dan Kimung merasa benci kepada Papap Erwan karena dikiranya dia akan mengajukan pertanyaan penting di siang hari bolong yang membuatnya lapar dan Kimung menceritakan kelakuan Papap Erwan kepada saya dan saya mendapat ide untuk melakukan itu kepada orang lain dan kemarin sore saya kirim sms ke Papap Erwan yang isinya seperti ini "Pap nuju naon?" lalu Papap Erwan menjawab "biasa nuju di salon keur mamam aya naon q?" saya kirim lagi sms untuk bertanya "Pap upami penyanyi nu resep nyeuseh saha?" dan Papap Erwan tampak terkejut lalu dia balik bertanya "Hah, penyanyi nu resep nyeuseuh? Kunaon kitu? Aslina ato tatarucingan ieu teh?" saya jawab "tatarucingan atuh pap" dan Papap Erwan menjawab "ouwh..okay ateuh..haha..emhhh..td teh penyanyi nu sok nyeuseh nya. Dewi Persik lain?" saya tertawa melihat jawaban itu kenapa juga jawabannya Dewi Persik apa karena penyanyi dangdut itu senang goal-geol tapi kan dia menjuluki goyangannya sebagai goyang gergaji jadi tidak ada hubungannya dengan mencuci baju jadi saya kirim sms ke Papap Erwan "salah" tapi Papap Erwan tidak mau kalah dia bales lagi "Haha..saha ateuh? Saha ateuh? Si jalu sindentosca! Manehna kan sok k mjwru terus sempet nyarita lamun si eta sok nyeuseuh ku sorangan haha.." saya kembali menjawab "salah nu bener mah cuci paramida cuci cahyati n rinso harahap hiji kosong nya pap?" dan Papap Erwan menjawab "Bolehlah" lalu tatarucingan antara saya dan Papap Erwan berlangsung semalaman.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar